Senin, 22 November 2010

Lomba Posbindu, Yasal Juara

Palupost.com - Yayasan Alkautsar (Yasal) Palu menjadi juara pertama lomba Pos Pelayanan Terpadu (Posbindu) tingkat Sulteng. Hadiah lomba diserahkan langsung oleh Gubernur HB Paliudju pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), di halaman Kantor Gubernur, Senin (22/11) kemarin.

Pembina Yasal Palu, Hj Normawati Mardjanu mengatakan, sekitar 207 lanjut usia (Lansia) baik yang tinggal di panti maupun non panti, dibina oleh yayasan ini. Setiap pekan, para lansia ini diberikan pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan rohani, penyuluhan kesehatan, senam lansia hingga pemberian makanan bergizi.


“Program ini dinamakan Day Care Service. Setiap Minggu, para lansia yang dibina Yasal kami berikan pemeriksaan kesehatan hingga makanan bergizi. Selain terjalin interaksi antara lansia dan dokter tentang masalah-masalah kesehatan, kegiatan ini juga menjadi hiburan bagi para lansia. Karena pada kegiatan ini, para lansia bebas berekspresi, baik menyanyi, menari hingga baca puisi,” tuturnya.


Dia menambahkan, kegiatan inilah yang menjadi penilaian Dinas Kesehatan, sehingga Yasal bisa menjadi juara I. “Kami bekerjasama dengan Puskesmas Mabelopura, untuk menyukseskan kegiatan ini,” sambungnya.


Menjadi juara lomba Posbindu tingkat Sulteng bukanlah satu-satunya prestasi yang diraih Yasal Palu. Tanggal 31 Oktober silam, yayasan yang membina anak yatim dan lansia itu terpilih menjadi juara I kategori peran pemuda dalam pembinaan lansia tingkat Asia Pasifik. Sebelumnya, Yasal Palu juga masuk peringkat delapan se Asia Tenggara, kategori pembinaan terpadu antara lansia dan anak yatim pada tahun 2008 silam. Yudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar